Jumat, 27 Mei 2011

Lembaga Keuangan Minta Steve Ballmer Turun Demi Microsoft

 Salah satu orang berpengaruh di lembaga keuangan investasi sekaligus presiden dari Greenlight Capital, David Einhorn, mengatakan kalau Microsoft mau maju dimasa yang akan datang mereka harus mencari CEO baru dan menurunkan Steve Ballmer. Alasannya karena dibawah kepemimpinan Steve Ballmer, Microsoft tidak banyak berubah dari masa ke masa dan keadaannya cenderung sama dari tahun ke tahun. Tidak ada peningkatan signifikan selama kepemimpinan Ballmer.



Microsoft adalah perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di Amerika Serikat pada akhir tahun 90an. Hingga kini memasuki 2011 keadaan Microsoft masih tetap tidak jauh berbeda dari keadaan lebih dari 10 tahun yang lalu. Einhorn berpendapat ini karena Microsoft gagal dalam menyerang pasar di era internet 2.0 dan terlambat dalam bermain pada pasar mobile. Karena kegagalan Microsoft inilah kini pemimpin dalam industri teknologi yang lama dikuasai Microsoft kini diambil alih oleh Apple Inc.

Dari keseluruhan transaksi di bursa saham Dow Jones, perdagangan saham Microsoft mengambil jatah hanya sebesar 0,87%. Banyak yang kemudian menyalahkan Steve Ballmer sebagai biang dari kemandekan Microsoft selama ini. Tapi kritikan dari David Einhorn ini adalah yang terlantang dari seseorang yang memiliki nama besar di industri investasi pertama yang secara blak-blakan mengkritik Ballmer. Greenlight Capital hedge fund adalah lembaga yang saat ini memiliki 9 juta lembar saham Microsoft atau sekitar 0,11% dari keseluruhan saham Microsoft.


David Einhorn mengatakan pendapatnya ini pada saat dia menjadi pembicara di acara sesama investor di New York. Dia mengatakan kalau pengganti Bill Gates pada tahun 2000 itu lalu adalah orang yang menyebabkan mandeknya saham Microsoft selama ini dan menyarankan dirinya untuk mundur secepatnya dan menggantinya dengan figur lain sebelum nilai pasar Microsoft terus dikejar oleh pesaingnya.

Pada hari selasa kemarin, setelah selama 15 tahun berada diatas, untuk pertama kalinya IBM mampu melewati kapitalisasi pasar Microsoft. Utamanya karena nilai Microsoft tetap statis selama 10 tahun belakangan ini. Apple sudah melakukan apa yang dilakukan oleh IBM kemarin pada tahun lalu. Menurut hitungannya, investor yang menginvestasikan 100ribu dolar pada Microsoft 10 tahun lalu kini hanya memiliki nilai investasi sebesar 69ribu dolar saja.


^ Semoga Bermanfaat ^

0 komentar:

Posting Komentar

Share It Now

Navigation