Minggu, 15 Mei 2011

Lima Alasan Microsoft Harus Membeli Skype

Setelah hanya berupa rumor yang mengatakan kalau Microsoft akan membeli Skype, akhirnya perusahaan yang sebagian saham nya dimiliki oleh eBay itu resmi telah dibeli oleh Microsoft seharga 8,5 milyar dolar Amerika. Jumlah yang menurut banyak analis terlampau besar dan cenderung over untuk membeli perusahaan seperti Skype. Apalagi Skype memiliki utang sebesar 668 juta dolar yang harus dilunasi oleh pemilik baru nya. Memang untuk perusahaan sebesar Microsoft, nilai akuisisi dan utang Skype tidak terlalu besar namun banyak yang melihat nya sebagai pemborosan.

Screenshot :

 
Namun dibalik itu semua, pembelian Skype oleh Microsoft ini akan menguntungkan bagi Microsoft dalam jangka waktu panjang. Setidaknya ada lima alasan mengapa Microsoft harus membeli Skype. Diantaranya :

1. Kolaborasi Enterprise

Microsoft memiliki solusi enterprise sendiri untuk layanan VOIP, IM, dan video conference dalam layanan Microsoft Lync. Skype juga memiliki layanan ini yang diberi nama Skype Connect. Dengan menggunakan Skype Connect nanti nya Microsoft akan memiliki keuntungan berlipat karena memakai segala teknologi terbaik yang dimiliki kedua perusahaan.

2. Pemanfaatan Bing

Skype memiliki 660 juta pemakai dan 170 juta diantaranya aktif menggunakan Skype setiap bulan. Dengan pasar yang demikian banyak, Microsoft akan berusaha mengarahkan pengguna Skype untuk menggunakan Bing. Kedepannya mungkin ada link langsung antara penggunaan Bing dengan Skype melalui satu klik saja.

3. Integrasi Dengan Windows Phone

Skype memang telah hadir di platform iOS dan Android, namun hanya sebagai aplikasi klien. Dengan pembelian ini, Microsoft sangat mungkin akan mengintegrasikan Skype kedalam sistem Windows Phone 7. Kalau sudah begini, jelas akan menjadi tantangan sangat serius bagi fitur sejenis pada iOS maupun Android.

4. Menjauhkan Skype Dari Google

Pembelian oleh Microsoft ini selain untuk keuntungan yang ditawarkan oleh Skype, juga untuk menjauhkan Skype dari kompetitor Microsoft. Jika saja Google yang berhasil membeli Skype, maka integrasi Skype dengan sistem Android dan Google Apps, Gmail, Google Talk, dan Google Voice akan sangat menyusahkan bagi Microsoft untuk berkompetisi di pasar mobile. Kalaupun Microsoft pada akhirnya tidak dapat memanfaatkan Skype dengan baik, setidaknya Skype tidak akan menguatkan kompetitor Microsoft.

5. Meningkatkan Citra Microsoft

Alasan terakhir adalah untuk mengingkatkan kembali citra Microsoft sebagai perusahaan teknologi besar di dunia. Jauh sebelum inovasi yang dilakukan oleh Apple dan Google sekarang, Microsoft adalah perusahaan dengan inovasi teknologi terbesar. Ini juga masih terlihat dari besar nya dana R&D Microsoft tahun 2010 yang mencapai 9,5 milyar dolar.

0 komentar:

Posting Komentar

Share It Now

Navigation