Selasa, 24 Mei 2011

Manfaat Kulit, Tulang dan Rambut Bangkai ( Disertakan Hadits )

Yang dimaksud haramnya bangkai hanyalah soal memakannya. Adapun memanfaatkan tulangnya, kulitnya, tanduknya atau rambutnya tidaklah terlarang. Bahkan suatu hal yang terpuji, karna barang - barang tersebut masih mungkin untuk digunakan. Oleh karna itu tidak boleh disia - sia kan.

    Ibnu Abbas R.A meriwayatkan, bahwa seorang hamba Maimunah yang telah dimerdekakan ( maulah ) pernah diberi hadiah seekor kambing,kemudian kambing itu mati dan secara kebetulan Rosulullah berjalan melihat bangkai itu, maka bersabdalah rosulullah :

    " Mengapa tidak kamu ambil kulitnya, kemudian kamu samak dan memanfaatkannya ? " Para sahabat menjawab : " Itu kan bangkai ! " Maka jawab Rosulullah" Yang diharamkan itu adalah memakannya "
( Riwayat Jama'ah, kecuali Majah )

    Rosulullah S.A.W Menerangkan cara untuk membersihkannya, yaitu dengan jalan disamak. Sabda beliau : " Menyamak kulit binatang itu berarti penyembelihannya " ( Riwayat Abu Daud dan Nasal )

    Yakni, menyamak kulit itu sama dengan menyembelih untuk menjadikan kambing tersebut menjadi halal. Dalam salah satu riwayat disebutkan : " Menyamak kulit binatang itu dapat menghilangkan kotorannya " ( Riwayat Al-Hakim )

    Dan diriwayatkan pula bahwa Rosulullah S.A.W bersabda : " Kulit apa saja kalau sudah disamak, maka sungguh menjadi suci / bersih " ( Riwayat Muslim dan Lain - Lain )

    Kulit yang disebut dalam Hadits - Hadits ini adalah umum, meliputi kulit anjing dan kulit babi. Yang berpendapat demikian ialah Mazhab Dhahiri, Abu Yusuf dan diperkuat oleh Imam Syaukani.

    Kata Saudah Umul Mu'minin : " Kami mempunyai kambing, kemudian kambing itu mati, lantas kami samak kulitnya dan kami pakai untuk menyimpan korma agar menjadi manis, dan akhirnya kami jadikan Girbah ( suatu tempat yang terbuat dari kulit binatang yang biasa dipakai oleh orang Arab zaman dahulu untuk mengambil air dan sebagainya ) ( Riwayat Bukhari )


^ Semoga Bermanfaat ^

0 komentar:

Posting Komentar

Share It Now

Navigation